Kamus Bahasa Bangka



Antu: Hantu
Anter: antar
Ambi’: ambil
Ape: apa
Asuk: anjing
along: lebih baik


Bandar: got
Basing: terserah
Begagil: Bercanda
Bilung: telinga
Biting: peniti
Bunting: hamil

begatel: ganjen

bebulak: bohong


Cuman: cuma

cemane: gimana


Dak/Dek: tidak
Die: dia
Dulu’: Dulu






Gati: Sering
Guguk: jatuh




Inget: ingat

ingel-ingel: main-main

igak: terlalu


Jerak: kapok


Kite: kita
Ka: kamu

kaik: sungai
Ki: kamu
ke: kamu
kelak: nanti
kanti: teman
Kantet: Robek
kasut: sandal

kelintet: ganjen


Lom: belom, nama suku(belum mempunyai agama)
Lah: sudah
Leket: lengket





ngeruce: marah
negeh: terserah
merani: marah




pacak: bisa




Rase: rasa
Renyek: mau
retak: peduli

rumeh: berisik


sikok: satu
Suti’: satu
surang: sendiri
semenggah: pantas
Seperadik: saudara
setal: kelereng
Sungot: mulut


taken: tau
tumbur: Tabrak
Tudung: Topi


Urang: orang
Upis: Permen









Catatan:- Bahasa Bangka biasanya hampir sama dengan bahasa Indonesia, cuma ada perubahan a menjadi e,,
saat percakapan biasanya di tambah embel-embel,, ok, atau e,
setiap desa bisa berbeda bahasa ataupun logat bahasa
-biasanya pada akhir kata sering yang menggunakan huruf k, hanya penulisan saja, tapi dibaca apostrop(‘)
-biaanya kata hampir sama dengan bahasa indonesia, hanya saja terdapat sedikit huruff yang diubah kebanyakan huruff a menjadi e.

51 thoughts on “Kamus Bahasa Bangka

  1. salam kenal ya.
    aq mahasiswa jogja yang lagi nengok nenek di bangka..
    dah lama ga ketemu nenek.
    ini aq di bangka ga bs bahasanya.
    nenek juga terbata” ngomong bahasa indonesianya..
    makasi banyak ya artikelnya.

  2. malam sulis…mau tanya dong,,,ada yang kasih kalimat ini: “Alung kek mikir gawe nie cek, pacelake kek mikir miak”, artinya apa ya..?

  3. wah bagus banget makasih ya sulis, sangat membantu..
    saya mahasiswa dari jogja mau tugas akhir di bangka, kalo bisa dilengkapi lagi ya,hehe…

  4. saya punya temen orang bangka..pengen rasanya nyapa dia pake bahasa bangka, misal selamat pagi, sudah makan belum, selamat tidur tapi saya ga tau..bisa ga bantu saya..thx

    • oh, ga susah kok gan. bahasanya itu umum, kaya bahasa indonesia namun dialeknya diganti misal apa=ape dan baca huruf “e” nya seperti membaca “cabe” :) terus kebanyakan kata-katanya itu ddiambil dari bahasa indonesia namu disingkat misal: belum=lum, jadi bahasanya biasa kok gan. selamat pagi=selamat pagi, sudah makan belum=lah makan lum. selamat mencoba :)

    • ga sulit kok gan. sama layaknya dengan bahasa indonesia misal: apa=ape pengucapan huruf “e” nya seperti mengucap kata “cabe” dan penyingkatan kata belum=lum. jadi selamat pagi=selamat pagi, sudah makan belum=lah makan lum. selamat belajar :)

  5. bagus nih, semoga bisa tetep semangat dan ada waktu buat meng-update kosakatanya. kalau perlu daftar kata yang udah ada disini bisa di-pdf-kan, supaya bisa diunduh kawan2 yang memerlukan..

  6. numpang tanya arti dari lirik lagu:
    Yok miak kite gi, ke kebun ke hume
    Mawak suyak, mawak suyak mikol pacul
    Kite begawe, kite begawe besame-same

    apa ya? itu salah satu lirik lagu yomiak

    • oiya itu lagu bangka artinya
      ayo miak kita pergi ke kebun ke ladang
      membawa suyak, membawa suyak, memikul cangkul
      kita bekerja, kita bekerja bersama-sama

      miak itu sebutan untuk gadis bangka,
      suyak itu tempat menaruh lada yang baru dipetik :) semoga bermanfaat

  7. kalo ini artinya apa ya
    Aku iri kn jhe,,
    Ngpe kha kni dk cm kha dlok,,
    Aku nk uge diperlaku dr kha cem wktu die dlok,,
    Tpi yg ku dpt skrng jauh beda e,,dk cem die dlok dn bhkan smpai skrng kh ge gik ingt die

    • aku iri sama dia
      kenapa kamu sekarang tidak seperti kamu yang duluaku juga mau diperlakukan sama kamu seperti waktu kamu memperlakukan dia yang dulu
      tapi yang aku dapatkan sekarang jauh bedanya,, tidak seperti dia yang dulu dan bahkan sampai sekarang kamu masih ingat sama dia

      menurut aku ya ini kisah seseorang yang cemburu sama mantan pacar pacarnya dulu :)

  8. sist, saya wm tau banyak ni ttg bahsa bangka,, dan mw bisa bicara bahasa bangka juga..boleh tw fb/pn bb/whatsapp apa aja yg bisa di hubungin :)

    bales ya.. thankyu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s